Selasa, 25 September 2012

Perkenalan Komputer, Sejarah Komputer, Serta Dampak Dari Penggunaan Komputer Dengan Masyarakat

APA ITU KOMPUTER?
     Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to computer. Secara definisi komputer sebagai kumpulan alat elektronik yang saling berkaitan, dapat menerima data baik dari dalam (input), lalu mengolah data (proses) dan memberikan informasi atau mengeluarkan data (output).
§  Input Device, adalah perangkat keras komputer fungsinya untuk memasukkan data ke dalam memori komputer.
Contoh: keyboard, mouse, joystick, scanner, dan lain-lain.

§  Processor, adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer.

Prosesor terdiri dari dua bagian utama, yaitu;
a.     Control Unit (CU), komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
b.    Arithmetic Logic Unit (ALU), bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang, dan lain-lain) dan data logika (perbandingan).

§  Memory adalah media atau alat untuk penyimpan data pada komputer.

Memori ini terbagi atas dua macam, yaitu;
1.     Read Only Memory (ROM), memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat diubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mengecek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Tapi pada saat sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan jenisnya al; 
a. PROM (Programable ROM), ROM yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan.
b.
RPROM (Re-Programable ROM), dari segi namanya saja Re-Programable ROM sudah pasti perkembangan dari versi PROM disini kita dapat melakukan perubahan program  berulangkali sesuai keinginan. 
c.
EPROM (Erasable Program ROM), ROM yang dapat kita hapus dan memprogram kembali, akan tetapi untuk menghapusnya harus menggunakan sinar ultraviolet.
d.
EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), ini adalah perkembangan mutakhir dari semua ROM disini kita dapat mengubah dan menghapus program ROM menggunakan teknik elektrik. Pada saat ini EEPROM merupakan jenis yang paling banyak digunakan oleh user.

2.     Random Access Memori (RAM), dari namanya kita dapat mengetahui bahwa RAM adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM ini fungsinya  untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on). Namun jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan RAM ini adalah untuk mempercepat proses data pada komputer. Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti Disket, Flashdisk, Harddisk, PCMCIA card dan lain-lain.

§  Output Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. Contoh: printer, speaker, plotter, monitor, dan yang lain-lain.

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah oleh CPU sesuai yang kita inginkan, data yang diolah telah tersimpan dalam memori komputer atau disk dan data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.

KOMPONEN KOMPUTER
    
Komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan:

§  Hardware (perangkat keras), merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware ini terdiri dari:

1.     Input/Output Device (I/O Device) 
Terdiri dari perangkat masukan dan keluaran.
Contoh: keyboard, printer, dan scanner.
2.     Storage Device (perangkat penyimpanan) 
Merupakan media untuk menyimpan data.
Contoh: disket, harddisk, CD-I, dan lain-lain.
3.     Monitor /Screen 
Merupakan
sarana untuk menampilkan apa yang kita inginkan, misalnya ketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh processor. Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU).
4.     Casing Unit 
Tempat dari semua peralatan komputer, baik itu motherboard, video card, processor, haddisk, dan lain-lain. Casing unit ini disebut juga dengan System Unit.
5.     Central Procesing Unit (CPU) 
Salah satu bagian komputer yang sangat penting, karena jenis prosesor menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya suatu komputer, jenis komputer, harga komputer, ditentukan terutama oleh jenis prosesornya. Semakin canggih prosesor komputer, maka kemampuannya akan semakin baik dan semakin mahal pula harga dari prosesor.

§  Software (perangkat lunak), merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu;
1.     Sistem Operasi, software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.
Contoh: DOS, Mac, Linux, Windows, dan lain-lain.
2.     Program Utility, program utility berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari sistem operasi, misalnya PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS. File yang telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan.
Contoh: Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dan lain-lain. 


3.     Program Aplikasi, merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai dengan permintaan/kebutuhan seseorang/lembaga/perusahaan guna keperluannya.
Contoh: GL, MYOB, Payroll, dan lain-lain. 
4.     Program Paket, program yang disusun sedemikian rupa, maka  dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan.
Contoh: MS-Word, MS-Excel, Lotus 125, dan lain-lain.
5.     Bahasa Pemrograman, merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket, dan lain-lain. Bahasa pemrograman ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan, yaitu; 

a.     Low Level Language, bahasa pemrograman generasi pertama, bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin dan yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.
b.    Midle Level Language, bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun masih sulit untuk dimengerti karena banyak menggunakan singkatan-singakatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE).
c.     High Level Language, bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri mudah dimengerti, karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC, COBOL, dBase, dan lain-lain.

Brainware (user), personil-personil yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti sistem analis, programmer, operator, user, dan lain-lain. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian IT (Informatics Technology), atau disebut dengan IT Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager IT.

PERANGKAT TAMBAHAN (peripheral)
    Untuk meningkatkan kinerja dari komputer, maka komputer harus memasukkan perangkat tambahan yang dipasang pada motherboardnya, terutama bagian yang bertugas menerima tambahan peralatan (expansion slot). Contoh periferal Ethernet card yang berguna untuk menguhubungkan komputer PC dengan komputer PC lainnya.
Banyak perifel lain yang mampu menambah kemampuan komputer menjadi mesin yang lain.



Sejarah Komputer

Description: C:\Users\Anti Alias\Downloads\SEJARAH KOMPUTER dan Perkembanganya Hingga Sekarang [Update]_files\emnb_18_31397.gif
Sejarah Komputer  – Sejak dahulu, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik
Saat ini komputer dan pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Salah satunya sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.
Sejarah Komputer menurut periodenya adalah:
§  Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik
§  Komputer Generasi Pertama
§  Komputer Generasi Kedua
§  Komputer Generasi Ketiga
§  Komputer Generasi Keempat

1. Komputer Generasi Pertama (1946­ – 1959)
Dengan terjadinya Perang Dunia II, negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer.
Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.
(1)
Colassus
(2) Mark I
(3) ENIAC
(4) EDVAC
(5) UNIVAC I
Ciri komputer generasi pertama:
- Penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar)
- Adanya silinder magnetik untuk penyimpanan data.
- Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.
- Setiap komputer memiliki program  yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.

2. Komputer Generasi Kedua (1959­ – 1964)
Stretch dan LARC
Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery­ Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer­komputer ini yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya.
Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan:
a.      Lawrence Radiation Labs di Livermore, California
b.     US Navy Research and Development Center di Washington D.C.
Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan­ untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960­an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini.
Contoh: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Ciri komputer pada generasi kedua:
a.                  Penggunaan transistor sehingga ukurannya lebih kecil
b.                 Adanya pengembangan memori inti­magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya
c.                  Penggantian dari bahasa mesin menjadi bahasa Asembly
d.                 Muncul bahasa pemrograman COBOL dan FORTRAN
3. Komputer Generasi Ketiga (1964­ – 1970)
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian­ internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.
Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen­ ke dalam suatu chiptunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen­ dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya yaitu penggunaan system operasi (operating system) untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.



Ciri komputer pada generasi ketiga:
a.     Penggunaan IC(Intregrated Circuit)
b.    Ukuran komputer menjadi lebih kecil
c.     Ditemukannya Sistem Operasi

4. Komputer Generasi Keempat (1979­ – sekarang)
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen­komponen elektrik.
§  Large Scale Integration (LSI), dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.
§  Very Large Scale Integration (VLSI), pada tahun 1980­an VLSI memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
§  Ultra­Large Scale Integration (ULSI), meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.

Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer.
Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan ­orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970­an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer­ ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980­an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan system grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dan sebagainya. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara­ baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer­komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
Ciri komputer pada generasi keempat:
            a. Digunakannya LSI, VLSI, ULSI
            b. Digunakannya mikroprosesor

Banyak kemajuan di bidang disain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model von Neumann. Model von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.


DAMPAK DARI PENGGUNAAN KOMPUTER DENGAN MASYARAKAT
Dampak hubungan positif
1. Mendorong masyarakat berpikir maju

Hubungan sosial antara guru dengan siswa, bangsa maju dengan bangsa berkembang, dan   lain-lain.
2. Memunculkan adanya pembagian kerja dalam masyarakat

Hubungan kerja yang terjadi antar individu dalam sebuah perusahaan, orang yang ada di dalamnya akan terseleksi untuk mendapatkan tugas dan kedudukan sesuai dengan keahliannya misalkan direktur, manager produksi, keuangan sampai dengan Office Boy
3. Mendorong terwujudnya demokrasi

Dengan adanya hubungan sosial masyarakat akan membutuhkan wadah untuk menyalurkan inspirasi dan aspirasi.
4. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi
Hubungan yang terjadi antara produsen,penjual dan pembeli.
5. Membentuk kebutuhan masyarakat
Dengan semakin luasnya hubungan antar manusia sehingga membutuhkan sarana komunikasi seperti HP, faximile dan Internet.
6. Terbentuknya kelompok sosial yang didasarkan pada kepentingan dan tujuan tertentu
Hubungan sosial dapat terjadi akibat adanya kesamaan kepentingan dan tujuan sehingga akan memunculkan kelompok sosial atas dasar kepentingan dan tujuan.
Contoh: Koperasi, Paguyuban Tukang Ojek, OPEC, dan seterusnya.
8. Dapat mendorong proses Internalisasi

Penghayatan nilai dan norma agama dapat terjadi melalui hubungan sosial yang terjadi antar pemuka agama, ahli agama, ustad dengan santri santrinya
9. Mempermudah proses enkulturasi

Hubungan sosial yang terjadi antar siswa Purbalingga dengan siswa Singapura melalui program student exchange.
10. Hubungan sosial dapat mempermudah difusi

Difusi manusia, teknologi dan budaya dapat terjadi dengan adanya hubungan sosial.
Contoh: Perkawinan antar etnis di Indonesia atau perkawinan antara orang Indonesia dengan bangsa lain dapat menyebabkan terjadinya penyebaran manusia, teknologi dan budaya dari pihak satu ke pihak lain.

Dampak negatif
1. Konflik antarkelas

Dalam masyarakat, terdapat lapisan-lapisan sosial karena ukuran-ukuran seperti kekayaan, kekuasaan, dan pendidikan. Apabila terjadi perbedaan kepentingan antara kelas-kelas sosial yang ada di masyarakat dalam mobilitas sosial maka akan muncul konflik antarkelas.
Contoh: demonstrasi buruh yang menuntuk kenaikan upah, menggambarkan konflik antara kelas buruh dengan pengusaha.

2. Konflik antarkelompok sosial
Di dalam masyatakat terdapat pula kelompok sosial yang beraneka ragam. Di antaranya kelompok sosial berdasarkan ideologi, profesi, agama, suku, dan ras. Bila salah satu kelompok berusaha untuk menguasai kelompok lain atau terjadi pemaksaan, maka timbul konflik.
Contoh: tawuran pelajar, perang antar kampung.

3. Konflik antargenerasi
Konflik antar generasi terjadi antara generasi tua yang mempertahankan nilai-nilai lama dan generasi mudah yang ingin mengadakan perubahan.
Contoh: Pergaulan bebas yang saat ini banyak dilakukan kaum muda di Indonesia sangat bertentangan dengan nilai-nilai yang dianut generasi tua.

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar