Berikut ini langkah-langkah membuat program garis Vertikal, Horizontal, dan Diagonal dengan menggunakan program Dev C++
sebagai IDE (Integrated Development Environment) yang di package oleh Open GL.
Garis Vertikal
INPUT
OUTPUT
Penjelasan :
- /*Untuk membuat garis Vertikal*/ merupakan judul program yang berperan sebagai komentar dari program tersebut.
- glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA.
- glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA.
- glPushMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
- glClearColor(1,1,1,0); untuk menentukan warna garis/titik.
- glColor3f(1,1,1); untuk menentukan warna garis/titik.
- glBegin(GL_LINES); untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
- glVertex3f(0.10,10.0,13.13); untuk menentukan titik awal yang digunakan.
- glVertex3f(0,0,0.0); untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
- glEnd (); untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir.
- glPopMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
- SwapBuffers (hDC); digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
- /* shutdown OpenGL */ berfungsi sebagai komentar dalam
Garis Horizontal
INPUT
OUTPUT
Penjelasan :
- /*Untuk membuat garis Horizontal*/ merupakan judul program yang berperan sebagai komentar dari program tersebut
- glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA.
- glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam.
- glPushMatrix(); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
- glClearColor(1,1,1,0) untuk menentukan warna garis/titik.
- glColor3f(1,1,1); untuk menentukan warna garis/titik.
- glBegin(GL_LINES); untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
- glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f); untuk menentukan warna garis/titik.
- glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); untuk menentukan titik awal yang digunakan.
- glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f); untuk menentukan titik yang digunakan.
- glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
- glEnd(); untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir.
- glPopMatrix(); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
- SwapBuffers (hDC); digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
- /* shutdown OpenGL */ berfungsi sebagai komentar dalam program.
Garis Diagonal
INPUT
OUTPUT
Penjelasan :
- /*Untuk membuat garis Diagonal*/ merupakan judul program yang berperan sebagai komentar dari program tersebut.
- glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA.
- glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam.
- glPushMatrix(); membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
- glClearColor(1,1,1,0); untuk menentukan warna garis/titik.
- glColor3f(1,1,1); untuk menentukan warna garis/titik.
- glBegin(GL_LINES); untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
- glVertex3f(0,0,-0.8); untuk menentukan titik awal yang digunakan.
- glVertex3f(9.9,8.9,0.1); untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
- glEnd (); untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir
- glPopMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
- SwapBuffers (hDC); digunakan untuk menukar bagian buffer menjadi buffer layar.
- /*shutdown OpenGL */ berfungsi sebagai komentar dalam program.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar